Keuntungan Tissue Hand Towel Dibanding Mesin Pengering Tangan

keuntungan tissue untuk kebersihan
keuntungan tissue untuk kebersihan

Penelitian mengkonfirmasi bahwa mengeringkan tangan setelah mencuci tangan di kamar kecil umum dengan menggunakan tissue memberikan hasil tingkat kebersihan lebih baik. Berikut adalah penelitian berbagai keuntungan tissue hand towel dibandingkan dengan penggunaan mesin pengering tangan.

Keuntungan pertama tisu hand towel memberikan kebersihan yang optimal

Tissue adalah pilihan paling higienis yang tersedia dalam berbagai aplikasi, dari kertas toilet, tissue dapur, tissue facial untuk wajah, tissue meja makan, dan tentu saja tissue hand towel yang biasa diletakan di dekat washtafel tempat cuci tangan. Penelitian adalah cara terbaik untuk menyebarkan informasi, dan selama tujuh tahun terakhir ETS telah mensponsori sejumlah penelitian independen yang dilakukan oleh ahli mikrobiologi terkemuka di universitas di seluruh Eropa. ETS juga telah melihat penelitian atau eksperimen serupa yang dilakukan oleh organisasi lain, seperti beberapa penyiar TV di Jerman. Mereka semua mendemonstrasikan dan memastikan sifat higienis yang unggul dari produk tissue untuk mengeringkan tangan setelah mencuci tangan di kamar kecil umum.

Keuntungan kedua adalah pilihan yang ramah lingkungan

Keberlanjutan adalah platform komunikasi utama untuk industri tissue, dan terlalu banyak orang yang kurang informasi tentang inisiatif besar yang diambil oleh sektor industri tissue untuk mendorong praktik yang berkelanjutan secara lingkungan. Komitmen industri terhadap siklus yang baik dalam menanam pohon baru untuk terus mengisi kembali hutan tidak selalu dipahami, dan ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengatasi kesalahan persepsi industri. Orang perlu yakin bahwa menggunakan produk tissue tidak akan menyebabkan kegundulan hutan, dan memang industri menanam pohon yang menyerap CO2. Saat pohon tumbuh, ia dapat menyerap hingga 10 kali jumlah CO2 yang diserap pohon dewasa sepenuhnya saat ia menggunakannya untuk membuat kayu. Masyarakat kita perlu fokus tidak hanya pada pelestarian pohon, tetapi juga pada menumbuhkan yang baru jika kita ingin mengurangi efek rumah kaca dan membawa keseimbangan yang sehat bagi planet kita.

Berikut adalah info grafis keuntungan tissue hand towel di bandingkan dengan mesin pengering tangan dalam menjaga kebersihan dan kesehaan bagi pengguna dan lingkungan sekitar.

Penelitian perbandingan penggunaan mesin pengering tangan dengan tissue

infografis pengering tangan
infografis pengering tangan

Potensi penyebaran virus di dalam toilet setelah mengeringkan tangan
Nilai rata-rata partikel virus pada jarak 3m sesaat setelah proses pengeringan tangan.
Mesin pengering tangan : 3005 partikel virus
Mesin pengering tangan (dengan penghangat) : 104 partikel virus
Tissue hand towel : 15 partikel virus
Nilai rata-rata partikel virus pada ketinggian 75cm dari lantai sesaat setelah proses pengeringan tangan.

Mesin pengering tangan : 2219 partikel virus
Mesin pengering tangan (dengan penghangat) : 34 partikel virus
Tissue hand towel : 2 partikel virus

Sedangkan nilai rata-rata partikel virus yang berada di udara 15 menit setelah proses pengeringan tangan, adalah:
Mesin pengering tangan : 44 partikel virus
Mesin pengering tangan (dengan penghangat) : 0.8 partikel virus
Tissue hand towel : 0.4 partikel virus

Penelitian 2008 oleh University of Westminster menunjukan bahwa tissue hand towel dan mesin pengering tangan mempunyai tingkat efisiensi yang sama pada pengguna, memberikan 90% pengeringan dalam waktu 10 detik. Namun hasil menunjukan bahwa mesin pengering tangan dengan penghangat, mempunyai tingkat efisiensi lebih rendah (lebih lamat) dibandingkan dengan mesin pengering tangan dan memakan waktu 4x lebih lama untuk mencapai 90% pengeringan tangan. Redywa K.F. & Fawdar S. (2008) A comparative study of three different hand drying methods: paper towel, warm air dryer, jet air dryer.

Penggunaan tissue hand towel pada toilet lebih baik dibandingkan dengan penggunaan mesin pengering tangan (baik dingin maupun dengan penghangat).

infografis keuntungan tissue
infografis tissue

Tingkat kontaminasi udara di dalam toilet setelah pengeringan tangan.
Kontaminasi udara sesaat setelah proses pengeringan tangan
Mesin pengering tangan : 71 CFU
Mesin pengering tangan (dengan penghangat) : 16 CFU
Tissue hand towel : 3 CFU

Kontaminasi udara 15 menit setelah proses pengeringan tangan
Mesin pengering tangan : 14 CFU
Mesin pengering tangan (dengan penghangat) : 4 CFU
Tissue hand towel : <1 CFU

CFU = Colony Forming Unit

Sumber: Mircobiological comparison of hand drying methods: the potential for contamination of the environment, user and bystander. E.L. Best, P. Parnell, M.H. Wilcos – Dipublikasikan di Journal of Hospital Infection.

Penyebaran mikroba di udara dan kontaminasi dalam toilet setelah pengeringan tangan

infografis mikroba pada tissue dan pengering tangan
infografis mikroba pada tissue dan pengering tangan

Di ukur dengan menggunakan metode “Yeast Test Model”
Mesin pengering tangan : 59,5
Mesin pengering tangan (dengan penghangat) : 41,5
Tissue hand towel : 2,2

Apabila di ukur dengan menggunakan metode “Lemon Juice Model” dengan menggunakan tolak ukur ketinggiandari lantai sampai dengan 1,8m
Mesin pengering tangan : 3705,7 droplet
Mesin pengering tangan (dengan penghangat) : 12 droplet
Tissue hand towel : 0,2 droplet

Perbandingan perbedaan metode pengeringan tangan untuk penyebaran bakteria dan kontaminasi ini dilakukan oleh : E.L. Best, K. Redway dalam Microbiology Department, old Medical School, Leeds Teaching Hospitals NHS Trust, Leeds UK. Department of Biomedical Sciences, Faculty of Science and Technology, University of Westminster, London, UK.

Jumlah mikroba pada toilet rumah sakit lebih rendah dengan penggunaan tissue hand towel.

inforgrafis toilet rumah sakit
inforgrafis toilet rumah sakit

Total jumlah bakteri pada unit mesin pengering tangan / dispenser tissue hand towel
Mesin pengering tangan : 120.000 CFU/mL pada unit
Dispenser tissue hand towel : 24.000 CFU/mL pada unit
Ada 5x lebih tinggi jumlah bakteri pada unit mesin pengering tangan dibandingkan dengan pada unit dispenser tissue hand towel.

Bakteria enterococcus faecalis
Mesin pengering tangan : 3.400 CFU/mL pada unit
Dispenser tissue hand towel : 71 CFU/mL pada unit
Ada 27x lebih banyak bakteri enterococcus faecalis pada unit mesin pengering tangan dibandingkan dengan pada unit dispenser tissue hand towel.

Jumlah bakteri pada lantai toilet karena penggunaan mesin pengering tangan atau tissue hand towel
Mesin pengering tangan : 20.000 CFU/mL
Dispenser tissue hand towel : 3.300 CFU/mL
Ada 6x lebih tinggi kateri di temukan pada lantai toilet rumah sakit yang menggunakan mesin pengering tangan dibandingkan dengan dispenser tissue hand towel.

Setelah kita pelajari penelitian di atas, jelas bahwa keuntungan tissue hand towel nyata dibandingkan dengan mesin pengering tangan. Keuntungan tissue hand towel baik dalam menjaga kebersihan pengguna, lingkungan dan penyebaran bakteri, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Pengaruh teknologi untuk perkembangan industri tisu di masa mendatang

Setelah mengoptimalkan logistik dan pabriknya, industri tisisue sekarang mencari teknologi lebih lanjut yang dapat mendukung efisiensi bisnis di sektor ini. Perangkat pintar yang dapat mencatat jumlah berapa helai tissue hand towel yang digunakan adalah perkembangan yang menarik. Dengan bantuan digitalisasi, kita bisa membayangkan sebuah sistem yang mengirimkan sinyal ketika dispenser misalnya isi nya tinggal 10%, sehingga petugas kebersihan disiagakan dan dapat mengisinya kembali.

ETS yakin bahwa ada banyak cara di mana teknologi 4.0 dapat menguntungkan sektor industri tissue – dari proses produksi hingga proses distribusi dan penggunaan akhir. Dengan cara yang sama, penting bagi ETS untuk tetap terhubung dengan produsen mesin, memastikan bahwa mereka mengerjakan perbaikan yang relevan, seperti menurunkan konsumsi energi atau penggunaan bahan mentah, sehingga mengoptimalkan biaya sambil mempertahankan, jika tidak meningkatkan, kualitas. Produk dan margin yang lebih baik akan menguntungkan industri dan konsumen juga. Di Eropa, permintaan sudah dipenuhi oleh kapasitas produksi yang ada, tetapi jika produsen mesin dapat membantu anggota kami untuk mengirimkan produk yang sedikit lebih baik dari arus utama yang ada, dan dengan biaya yang lebih rendah, maka mereka akan memiliki peluang bagus untuk menjual peralatan baru. Di negara berkembang dimana kapasitas meningkat setiap hari, peluang investasi lebih besar karena produsen tissue terus menerus perlu meningkatkan volume kapasitas. Ini adalah bisnis multidimensi yang menarik dengan budaya kebaruan dan peningkatan berkelanjutan meskipun pengetahuan mendalam telah terkumpul sejauh ini. Fanis Papakostas merasa sangat positif tentang masa depan industri dan kemampuannya untuk terus memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat melalui manfaat higienis produknya dan dampak lingkungannya yang optimal.

Tentang ETS

European Tissue Symposium (ETS) adalah asosiasi perdagangan, yang diselenggarakan sebagai asosiasi nirlaba di bawah hukum Belgia dan berlokasi di Brussel, Belgia. Anggota ETS mewakili mayoritas produsen tissue di seluruh Eropa, dan sekitar 90% dari total produksi tissue Eropa.

Didirikan pada tahun 1971, ETS telah berbasis di Brussel sejak 1992 di mana ETS berada di jantung Eropa dan dekat dengan masyarakat Eropa.

Ditulis oleh: Fanis Papakostas, Chairman – European Tissue Symposium (ETS)

Untuk harga tissue hand towel terbaik, hubungi kami :
Pegasus Bola Mas
Kupang Baru 1/100
Darmo Satelit 60189
WA +6282130005778
tissueku.com
Hubungi agen tissue surabaya untuk layanan dan harga tissue terbaik sekarang juga dari agen tissue surabaya Pegasus Bola Mas.

Leave a comment

Your email address will not be published.